Go to the content
or

Logo noosfero

0 communities

None

Melissa Henderson

Full screen
 RSS feed

9 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam di Wajah, Ampuh dan Cepat

August 20, 2020 4:19 , by Melissa Henderson - | No one following this article yet.

 Jerawat sudah menjadi problematika wajah yang paling populer dan menyerang hampir setiap orang. Anda pasti pernah mengalami kondisi wajah berjerawat, baik hanya berupa jerawat ringan atau hormonal hingga jerawat yang parah dan membutuhkan treatment khusus.

Mendapati wajah terserang jerawat adalah suatu hal yang cukup mengganggu dan menjengkelkan, terlebih jika jerawat-jerawat itu meninggalkan bekas dan flek hitam di wajah. Selain cukup susah dihilangkan, noda-noda bekas jerawat ini juga dapat mengganggu penampilan dan menurunkan tingkat kepercayaan diri bagi beberapa orang.

Untuk mengobatinya, Anda harus bisa membedakan antara bekas jerawat dan flek hitam. Tanda gelap atau merah muda pada kulit sebenarnya bukan bekas jerawat. Peradangan pada kulit sering meninggalkan noda sebagai bagian dari proses penyembuhan alami. Peradangan meningkatkan produksi pigmen, menciptakan tanda yang memudar dengan sendirinya selama beberapa minggu hingga berbulan-bulan.

Bekas jerawat, di sisi lain, terbentuk ketika ada kerusakan pada kulit yang mengarah pada produksi kolagen yang abnormal dan biasanya tampak naik atau bergelombang. Ada dua jenis bekas jerawat, yaitu tertekan dan terangkat. Bekas luka yang tertekan terlihat seperti lubang atau kawah, dan bekas luka yang timbul biasanya keras dan lunak.

Berikut penjelasan mengenai cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam pada wajah dengan ampuh dan cepat, melansir dari teenvogue.com.
1 dari 3 halaman
Penyebab Bekas Jerawat dan Flek Hitam

Bekas jerawat dan flek hitam kadang dipandang sebagai satu kesatuan. Flek hitam yang tertinggal setelah jerawat menghilang disebabkan oleh peradangan yang mengganggu proses penyembuhan alami kulit. Ketika kulit terbuka saat jerawat pecah dan kemudian menutup kembali, wajah bisa mendapatkan pigmentasi, tekstur, dan warna yang tidak normal yang terlihat berbeda dari sisa kulit wajah. Terkadang pembuluh darah pecah yang tetap ada setelah lesi jerawat memudar dapat menghasilkan bekas.

Cara terbaik untuk menghindari bekas luka akibat jerawat dengan mengobatinya menggunakan rutinitas perawatan kulit yang benar dan sebisa mungkin jangan menyentuh, menusuk atau memecahkan jerawat secara paksa. Bekas jerawat terjadi ketika jaringan normal di kulit dihancurkan dan diganti dengan jaringan berserat. Anda dapat menganggap lesi jerawat sebagai luka.

Ketika kerusakan yang disebabkan oleh jerawat sudah parah, tubuh dapat merespons dengan membuat terlalu banyak atau terlalu sedikit lapisan jaringan. Produksi terlalu banyak jaringan membentuk keloid atau bekas luka hipertrofik dan terlalu sedikit jaringan menyebabkan depresi pada kulit atau bekas luka atrofi. Semakin dalam dan semakin meradang lesi jerawat, atau semakin banyak yang diambil atau diperas, semakin besar kemungkinan bekas jerawat.

Beberapa bekas jerawat dan flek hitam bisa Anda kendalikan dan beberapa yang lain tidak. Selain genetika, ada beberapa kebiasaan gaya hidup yang dapat membuat bekas jerawat dan flek hitam menjadi lebih buruk. Terlalu banyak terpapar sinar matari dan kebiasaan mencungkil jerawat dengan tangan dapat menyebabkan kerusakan kulit wajah yang lebih besar.
2 dari 3 halaman
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Di sini pertama-tama akan dibahas mengenai cara menghilangkan bekas jerawat terlebih dahulu. Perawatan bekas jerawat paling baik ditangani dengan perhatian dan perawatan khusus dari dokter kulit, karena bekas jerawat membutuhkan prosedur yang lebih intens daripada opsi-opsi alami atau produk-produk yang dijual bebas.

Kelemahannya adalah melakukan perawatan cenderung mahal. Jika Anda belum siap secara finansial, ketahuilah bahwa Anda tidak sendirian dalam perjuangan melawan bekas jerawat. Berikut adalah beberapa treatment atau perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam.

1. Suntikan Steroid

Suntikan steroid adalah cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam yang pertama. Tidak hanya dapat dengan segera mengurangi peradangan jerawat yang ada, tetapi kortison juga dapat membantu bekas luka tebal (keloid) tampak lebih lembut dan lebih rata. Namun, jenis perawatan ini khusus untuk bekas luka yang terangkat. Suntik steroid akan membantu meratakan bekas luka, namun tidak akan berefek pada tekstur wajah secara keseluruhan.

2. Dermal Fillers

Cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam yang kedua adalah dermal filler. Bekas jerawat tertentu dapat diisi dengan zat yang mengangkat daerah yang tertekan, seperti asam hialuronat. Ini dapat membuat permukaan kulit lebih merata dan menyingkirkan noda. Namun sampai saat ini, dermal filler bukan solusi yang permanen untuk menghilangkan bekas jerawat.

3. Perawatan Laser

Cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam yang kedua adalah dengan perawatan laser. Dermatologis sering mengubah bentuk kolagen menggunakan laser, yang tidak sepenuhnya menghilangkan bekas jerawat tetapi dapat memperbaikinya hingga 30% atau lebih. Laser dapat membantu mengurangi kemerahan yang terkait dengan bekas jerawat dan bekas luka.

4. Punch Excision

Prosedur ini paling baik bagi mereka yang memiliki bekas jerawat ice pick. Jika Anda menggunakan treatment jenis punch excision pada bekas luka jenis lain yang lebar, Anda malah akan semakin memperparahnya. Jadi pastikan Anda berkonsultasi dengan ahlinya sebelum melakukan perawatan ini. Namun metode ini cukup berisiko bagi mereka yang memiliki kulit lebih gelap atau rona yang rentan terhadap hiperpigmentasi.
3 dari 3 halaman
Cara Menghilangkan Flek Hitam

Flek hitam atau hiperpigmentasi disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan di kulit oleh melanosit. Melanin ekstra ini dapat dipicu oleh banyak hal yang berbeda, seperti hormon. Hormon estrogen maupun progesteron dapat meningkatkan kadar melanin. Itulah mengapa wanita hamil mendapati flek hitam pada kulit wajahnya dan menghilang setelah melahirkan.

Selain hormon, matahari juga dapat meningkatkan kadar melanin dan usia dapat berpengaruh dalam meningkatkan ukuran melanosit. Faktor-faktor lain, seperti iritasi kulit akibat jerawat, waxing, dan scrub yang keras, juga dapat menyebabkan flek hitam. Paling sering flek hitam disebabkan oleh matahari dan bekas jerawat. Berikut cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam tersebut.

1. Vitamin C

Vitamin C dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam. Vitamin C adalah antioksidan topikal yang membantu untuk memblokir radikal bebas penyebab kerusakan oksidatif pada kulit, yang dapat menyebabkan keriput dan kulit kusam. Vitamin C juga menghambat proses enzimatik yang menghasilkan melanin di kulit, karena itu dapat membantu mengurangi warna gelap pada kulit.

2. Hydroquinone

Hydroquinone adalah bahan lain yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam. Anda dapat menemukan bahan ini di pasaran dengan konsentrasi 2% atau kurang. Pada tingkat biologis, hydroquinone bekerja dengan menghambat enzim yang disebut tirosinase, yang membantu dalam produksi melanin. Secara alami, semakin sedikit tyrosinase yang diproduksi, semakin sedikit juga melanin yang diproduksi.

Seperti halnya produk apa pun yang diterapkan pada kulit, hydroquinone dapat menyebabkan kekeringan, kemerahan dan rasa terbakar yang mungkin menandakan reaksi alergi terhadap bahan tersebut. Sehingga direkomendasikan untuk mencoba tes spot terlebih dahulu.

3. Kojic Acid

Kojic acid (berasal dari jamur atau beras fermentasi) adalah bahan ketiga yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam. Kojic acid umumnya digunakan untuk mencerahkan kulit dan paling baik digunakan bersama dengan hydroquinone untuk hasil yang maksimal. Kojic acid bekerja dengan menekan faktor kunci dalam aktivitas sel-sel pigmen.

4. Kedelai

Ekstrak kedelai yang berasal dari tanaman kedelai, telah terbukti membantu mencerahkan kulit dan baik digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam. Kedelai banyak ditemukan dalam produk pencerah kulit. Kedelai bekerja sebagai pengobatan flek hitam dengan cara mencegah melanin memasuki lapisan atas kulit, menurut American Academy of Dermatology (AAD).

5. Chemical Peeling

Perawatan chemical peeling membantu mengurangi penampilan kulit kusam sehingga membuat kulit tampaklebih bersih dan bercahaya. Seiring waktu, perawatan ini dapat merangsang produksi kolagen, meningkatkan pergantian sel dan mengurangi munculnya flek hitam. Namun perlu diingat bahwa chemical peeling dapat bereaksi terlalu keras bagi pemilik jenis kulit sensitif sehigga diharapkan untuk selalu berhati-hati.

 

[Masker Daun Nangka Belanda Untuk Flek Hitam], [Masker Pare Untuk Flek Hitam], [Masker Cokelat Untuk Flek Hitam], [Masker Buah Delima Untuk Flek Hitam], [Masker Pepaya Untuk Flek Hitam], [Masker Air Mawar Untuk Flek Hitam], [Masker Tepung Beras Untuk Flek Hitam], [Masker Daun Mint Untuk Flek Hitam], [Masker Telur Untuk Flek Hitam], [Masker Es Batu Untuk Flek Hitam], [Masker Daun Binahong Untuk Flek Hitam], [Masker Daun Sirih Untuk Flek Hitam], [Masker Daun Jambu Biji Untuk Flek Hitam], [Masker Daun Kelor Untuk Flek Hitam], [Masker Minyak Bulus Untuk Flek Hitam], [Masker Kopi Untuk Flek Hitam], [Masker Susu Beruang Untuk Flek Hitam], [Masker Bawang Putih Untuk Flek Hitam], [Masker Bawang Merah Untuk Flek Hitam], [Masker Jahe Untuk Flek Hitam], [Masker Pasta Gigi Untuk Flek Hitam], [Masker Kunyit Untuk Flek Hitam], [Masker Lidah Buaya Untuk Flek Hitam], [Masker Kentang Untuk Flek Hitam], [Masker Jeruk Nipis Untuk Flek Hitam], [Masker Madu Untuk Flek Hitam], [Masker Belimbing Wuluh Untuk Flek Hitam], [Masker Bengkoang Untuk Flek Hitam], [Masker Baking Soda Untuk Flek Hitam], [Masker Baby Oil Untuk Flek Hitam], [Masker Air Beras Untuk Flek Hitam], [Masker Minyak Zaitun Untuk Flek Hitam], [Masker Cuka Sari Apel Untuk Flek Hitam], [Masker Minyak Jarak Untuk Flek Hitam], [Masker Almond Untuk Flek Hitam], [Masker Lemon Untuk Flek Hitam], [Masker Terong Untuk Flek Hitam], [Masker Pisang Untuk Flek Hitam], [Masker Minyak Kelapa Untuk Flek Hitam], [Masker Alpukat Untuk Flek Hitam], [Masker Tomat Untuk Flek Hitam], [Masker Yogurt Untuk Flek Hitam], [Masker Horseradish Untuk Flek Hitam], [Masker Cendana Untuk Flek Hitam], [Masker Kacang Arab Untuk Flek Hitam], [Masker Kulit Jeruk Untuk Flek Hitam], [Masker Nanas Untuk Flek Hitam], [Masker Peterseli Untuk Flek Hitam], [Masker Mentimun Untuk Flek Hitam], [Masker Strawberry Untuk Flek Hitam], [Masker Aloe Vera Untuk Flek Hitam], [Masker Oatmeal Untuk Flek Hitam], [Masker Semangka Untuk Flek Hitam]


(no posts)